Seri Anak Baru : W-1

Tidak terasa sudah satu minggu di kantor baru, minggu ini  tugas kami adalah self study sambil menunggu anak baru untuk divisi network enterprise. Minggu pertama ini gw manfaatkan untuk memperdalam ospf (materi ccnp), ngelab multi area, distribute default route, dll
Sedangkan partner w masih berkutat dengan dummy soal-soal untuk mengambil ujian ccna. Dikarenakan kita ditempatkan di area kerja yang sama bagi engineer lain maka kadang-kadang kami ikut membantu senior engineer untuk staging. WAH apa itu staging ?? .

staging adalah istilah dimana kita mempersiapkan, mensetting, dan mensimulasikan perangkat yang nantinya akan di kirim ke client. ya tujuannya adalah agar kita tidak perlu lagi configurasi di tempat client, klo bisa hanya cek dan melakukan testing saja. Kesempatan ini justru bagi anak baru seperti gw ini, merupakan kesempatan yang sangat seru. Wohohoh jelas sekali, kita di ajak ke dalam warehouse. disana terlihat product” baik server maupun cisco. Yups kami diminta membuka langsung 2 switch catalyst seri 3000 dan 5 swich seri 2000.

Oia gw ikut membantu senior bang Ihot manalu, bang ihot( begitu nama panggilannya, dan kau sudah tau bukan logatnya wkkw)  adalah specialis voice dia sudah ccnp voice loh (5 modul ccnp) *harus bilang wow* kita diminta membantu mensetting dan mensimulasikan topologi yang nantinya akan di implementasikan di semarang. Jadi kita belajar link aggregat dan redudancy. Bang ihot jg mengerti kita anak baru, jadi yang praktek sambil ngobrol” santai saja lah bang 😀 *okey sip*. Beberapa waktu yang lalu juga gw bantu senior bang Agam untuk setting cisco survailence (bahasa sundanya sih cctv).  Sebagai anak baru w gak segan” membantu senior apabila mereka sedang sibuk project, setidaknya gw bisa bantu mengconsole konfigurasi pada barang” baru :)) . itu aja untuk minggu ini dan siap” nyuci baju” kotor di kosan pfftt *belom beli ember lg*

ScreenShot516(pic : switch layer tiga untuk aggregate)

Ada cerita lucu tepatnya di hari kamis. Gw kenalan sama orang maintenance namanya agus, dari ukdw (universitas kristen duta wacana) yogya jurusan IT. Wih ternyata dia jauh” dari semarang ke jakarta tanpa ada sodara. setelah berbincang-bincang dia bilang waktu interview pertama dia sempet liat gw di lobby. Dia bilang waktu interview awal dia melamar diposisi network engineer tetapi di masukkan ke divisi maintenance. Ternyata kesempatan menjadi network engineer di tempat ini tidak mudah jg *setelah w pikir-pikir* dan gw seharusnya bersyukur jg bisa dipilih jadi bagian tim SDI.
Untuk tim maintenance mereka tidak diberikan sesi development skill selama sebulan penuh, berbeda dengan anak baru dari engineer, sebelum mereka bekerja akan ada sesi sharing& training dari para expert (bahasa awamnya sih senior), dan kita di ajarkan mulai dari R/S, security, voice,wireless.

Perbedaan maintenance dengan engineer yaitu maintenance lebih banyak onsite di client, sedangkan engineer tidak ada tempat yang pasti untuk on-site karena lokasi project yang berbeda-beda. Nah tim maintenance ini biasanya untuk satu site mereka menyewa sebuah rumah berisikan 5-8 orang untuk tim maintenance *wah enak sekali* jadi teman kita yang jauh-jauh dari yogya ga usah repot-repot nyari kosan lagi dijakarta, karena tim mereka sudah menyewa rumah kontrakkan. Nah giliran nasib gw nih yang belum jelas klo project mengharuskan karawaci-jakarta,, kemungkinan bulan mei gw akan pindah kosan di daerah slipi ,kebayoran atau blok m.

Tapi kosan yg gw tempati ini unik, memang kosan w murah kisaran 350 tanpa internet, tanpa AC. awawlnya w mw pindah ke kosan 600rb/bulan dengan fasilitas kamar mandi di dalam dan ruang kamar yang lumayan besar. Tapi ada hal yg unik dari kosan ini yaitu ada hotspot area free. ScreenShot517 dan menurut hasil investigasi orang-orang kosan sini bilang klo hotspot ini sudah lama ada , dan anak” kosan lain pun internetan di ruang atas. kebetulan kamar w di atas dan dekat dengan teras jadi gak perlu repot-repot keluar, cukup duduk anteng di kamar hehehehe. Memang sih hotspot free ini bisa jadi sebuat vulnerability karena bisa saja mereka memata matai aktivitas kita. Tapi w pake wifi ini untuk download di IDM dan speednya lumayan 120kbps,dengan syarat gw main setelah subuh sampe sebelum berangkat kerja. KLo jam malem banyak yang pake jadi traffic lambat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s